Senin, 11 Januari 2010

CARA - CARA MEMBUAT BLOG

Pengertian Blog
Blog merupakan sebuah aplikasi web yang memuat tulisan-tulisan atau posting-posting pada sebuah webpage umum. BLOG sekarang ini berfungsi sebagai catatan harian seseorang, pendapat-pendapat akan sebuah fenomena yang terjadi, atau bahkan ada yang menawarkan baik barang maupun jasa.

Salah satu situs penyedia BLOG adalah www.blogger.com yang dimiliki oleh
PyraLab yang akhirnya diakuisisi oleh Google.com sehingga user yang telah memiliki
account gmail (google mail) akan dengan mudah bisa membuat dan memiliki sebuah BLOG
tanpa harus mempunyai account baru, cukup dengan memakai sebuah account saja, yaitu
account gmail.
Dengan kata lain, sebelum kita bisa membuat BLOG baru di blogger.com di wajibkan
mempunyai email di Google dulu.


Persyaratan Membuat Blog
¨ 1. E-mail
Sebelum membuat blog kita harus mempunyai account E-mail yang aktif, bisa dari Yahoo.com, Plasa.com, Telkom.net, dan lain-lain. Bila belum punya E-mail, silakan daftar terlebih dahulu. Sebaiknya menggunakan e-mail dari google atau gmail. Karena akan langsung terhubung oleh mesin pencarian google. Untuk membuatnya bisa klik disini
¨ 2. Koneksi Internet
Untuk membuat blog dibutuhkan koneksi internet, bisa dikerjakan di rumah sendiri menggunakan telkomnet instan, atau di warnet terdekat.


Langkah-langkah Membuat Blog
1.Membuka Blogger
Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.blogger.com. Tunggu hingga muncul tampilan awal Blogger.com.

2. Mulai membuat
Klik tombol Ciptakan Blog Anda Sekarang pada gambar panah



3. Mengisi form
Setelah Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akanmuncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.





Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkin dari Gmail,Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan olehGoogle.

Jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login keGoogle, Anda harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. BTW Anda sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.


4. Memberi nama blog



Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3X.

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama Hasna Zahidah. Sssst, jangan curiga, Hasna adalah putri saya. Saya memilih alamat blog dengan alamat http://hasna-zahidah.blogspot.com
sebagai alaternatif, bisa juga http://hasnazahidah.blogspot.com.

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

Anda juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) di
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.


5. Memilih template blog





Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.



¨ Akan disediakan bermacam-macam template oleh Blogger. Anda diminta memilih salah satu template sesuai dengan selera Anda. Tempate yang Anda pilih ini sewaktu-waktu dapat diganti dengan template yang lain.

6. Memulai Posting





Kolom judul untuk judul artikel
dalam kolom yang lebar di bawahnya itu untuk menulis artikel kamu
dan label untuk mengisi jenis kategory artikel


7. Mengetik Posting





Isilah kolom yang lebar dengan tulisan yang anda ingin postingkan
kemudian tekan menu MEMPUBLIKASIKAN POSTING,

8. Berhasil Mempublikasikan





maka kamu telah berhasil membuat satu artikel, untuk melihatnya klik menu Lihat Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar